Kiat Sukses Menembus Tes EPS-TOPIK

Mulai tes EPS-KLT ke-5 bulan Februari 2009 yang lalu, sistem kelulusan tidak lagi berdasarkan skor minimal tetapi menggunakan rangking yang disesuaikan dengan kuota TKI di Korea. SEbagai gambaran tes EPS-KLT ke-1 sampai ke-4 skor minimal lulus adalah 120, sedangkan untuk tes EPS-KLT ke-5 rata-rata minimal kelulusan adalah skor 160 ke atas. Hal ini bisa terjadi karena antara kebutuhan/kouta yang diberikan untuk tenaga kerja Indonesia dengan peminat yang ingin bekerja di sana perbandingannya menjadi kurang lebih satu banding enam atau tingkat kelulusan 16,1 % saja. Dari tingkat persaingan tersebut diatas tentunya wajar apabila skor kelulusan naik mencapai 160 keatas mengingat tingkat kesulitan soal tes EPS-KLT ke-5 tidak terlalu sulit.

Memang dilihat dari tingkat persaingan diatas sangatlah ketat, tetapi dibalik itu ada keuntungan bagi calon TKI Korea karena dengan adanya pembatasan tingkat kelulusan yg disesuikan dengan kuota yang ada tentunya data sending yg ada di depnaker Korea tidak terlalu besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentunya peluang peserta yg lulus dan telah disending datanya di Korea lebih besar dari kuota yang dibutuhkan, sehingga perusahaan Korea pilihannya terbatas pada data yg ada di depnaker Korea. Perlu diketahui bahwa yg menentukan calon TKI dapat bekerja di Korea adalah perusahaan Korea berdsarkan datayg di sending ke depnaker Korea, nama kita pada saat disending diganti dengan nomer ID sehingga tidak memungkinkan para calo bisa membantu untuk mencarikan pekerjaan disana.

JADI, BERHATI-HATILAH TERHADAP JANJI-JANJI CALO ATAU OKNUM YANG BISA MEMBANTU BEKERJA DI KOREA!!

Berikut ini adalah tips agarbisa lulus tes EPS-TOPIK:

  1. Niat yang baik dan tulus mencari ridho ALLAH untuk bekerja di Korea.
  2. Belajarlah lebih giat dan persiapkan sedini mungkin, jangan gunakan lagi cara SKS (sistem kebut semalam) atau belajar hanya pada saat menjelang ujianEPS-TOPIK saja karena anda apsti akan kalah dengan peserta lain yg sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.
  3. Perbanyak latihan soal-soal baik reading maupun listening, anda bisa download di sini atau memesan buku EPS-TOPIK yg sudah beredar di temapt-tempat bimbingan bahasa Korea.
  4. Hilangkan anggapan bahwa tes EPS-TOPIK ini hanya formalitas karena di Korea nanti bahasa tidak digunakan, mungkin masa lalu hal ini masih bisa kita terima karena pada masa pemberangkatan melalui PJTKI faktor bahasa tidak terlalu ditekankan. Akan tetapi saat ini kalau pengin bekerja ke Korea suka tidak suka, mau tidak mau harus LULUS ujian EPS-TOPIK, MUTLAK!!
  5. Menjelang ujian ikutlah try out tes EPS-TOPIK atau uji coba tes EPS-TOPIK, penting!
  6. Terakhir dan yg terpenting, TAWAKKAL ‘ALALLAH dan banyak berdo’a kepada-NYA agar diberikan kemudahan dan kelancaran selama proses.

Selamat berjuang, semoga tulisan ini dapat bermafaat… SUKSES SELALU UNTUK KITA SEMUA, AMIIN…

Related Links
Pengumuman Tes EPS-TOPIK 2010
Syarat Penempatan TKI ke Korea
Korean Verbs
Consonant and Vowel of Hangul
Korean Alphabet

Leave a comment

Filed under Job Info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s